invisible hit counter
15 49.0138 8.38624 1 0 4000 1 http://blog.arthurteknik.com 300 0
theme-sticky-logo-alt
theme-logo-alt

5 Tips Penting Untuk Keamanan Genset

0 Komentar

ArthurTeknik.com 5 Tips Penting Untuk Keamanan Genset | Genset ada dalam berbagai macam, seperti genset diesel industri dan genset inverter portabel yang biasa di untuk rumah, tetapi semuanya menyediakan sumber daya yang stabil untuk rumah, bisnis, industri dan kebutuhan lainnya. Genset memungkinkan kontinuitas operasi jika koneksi daya utama gagal. Mereka juga banyak digunakan di daerah dengan konektivitas daya yang tidak dapat diandalkan atau tidak ada. Genset penting untuk memastikan kualitas daya listrik kita terjaga, dan genset digunakan oleh semua orang mulai dari pemilik rumah biasa hingga organisasi penanggulangan bencana.

jasa sewa genset, tempat sewa genset, vendor penyewaan genset jakarta

Sejak elektrifikasi meluas, memperkenalkan dunia pada keajaiban listrik, orang semakin mengandalkan mesin dan elektronik canggih untuk meningkatkan standar hidup mereka. Peralatan rumah tangga juga membuat kehidupan rumah tangga lebih aman dan nyaman. Freezer dan lemari es telah memperpanjang umur makanan jauh melebihi apa yang mungkin kita simpan tanpa lemari es. Pemanas dan pendingin ruangan membuat nyaman meskipun cuaca ekstrim sekalipun.

Sangat penting operator mengikuti tindakan pencegahan dan pedoman keselamatan yang ketat untuk memastikan aliran daya yang aman dan stabil. Baik di rumah, di tempat kerja, atau berkemah, Anda harus membaca dan memahami aturan sederhana ini untuk menjaga semua orang tetap aman dan nyaman.

1. Baca manual book

Semua operator harus membaca manual book pengguna yang menyertai dan dokumentasi keselamatan sebelum mengoprasikan genset. Siapa pun yang belum membaca materi yang diperlukan tidak diizinkan mengoperasikan generator.

Manual book ini berisi semua yang perlu Anda ketahui tentang genset tersebut seperti: Spesifikasi teknis, instruksi pengoperasian, tindakan pencegahan dan batasan keselamatan. Ini untuk keuntungan operator. Demikian pula, operator juga harus memahami dan memperhatikan semua label peringatan yang ada di manual book.

2. Pahami kebutuhan Anda

Genset bervariasi dalam ukuran dan output nya. Beberapa set genset menghasilkan daya lebih sedikit daripada yang lain. Saat menggunakan genset, selalu perhatikan semua perangkat dan peralatan pendukung yang akan digunakan pada saat pengoprasian genset. Ini penting karena genset mungkin kelebihan beban dan mati, atau lebih buruk lagi, meledak.

Sebaliknya, Anda dapat memiliki genset yang menghasilkan daya terlalu banyak untuk kebutuhan Anda. Genset standar memiliki output konstan yang tidak dapat diubah. Jika Anda hanya mengonsumsi 10% dari output daya genset, Anda masih mempunyai 90% sisanya dan untuk memaksimalkan daya pakailah kebutuhan yang sesuai dengan daya gensetnya.

3. Jaga agar tetap kering

Salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan operator adalah menjaga agar genset tetap kering. Genset harus ditempatkan jauh dari tempat yang lembab. Demikian pula, genset tidak boleh digunakan jika berada di luar ruangan dan kondisi cuaca hujan.

Genset idealnya harus dilindungi oleh tenda atau kanopi terbuka. Jika genset sedang hidup, jangan coba-coba menghidupkan genset dengan alat yang terkena air.

Listrik sangat tidak baik jika terkena air. Air dapat merusak genset dan perangkatnya, atau lebih buruk lagi bisa menyetrum orang-orang di dekat lokasi genset.

4. Pastikan ventilasi udara dalam keadaan baik

Jangan menggunakan genset di ruang tertutup atau di dalam ruangan. Genset mengeluarkan asap yang mengandung jumlah karbon monoksida, gas tak terlihat dan tidak berbau yang mematikan dalam jumlah besar. Gas, jika dibiarkan berkumpul, dapat dengan cepat membunuh seseorang.

Jika genset berada di luar ruangan, itu harus diposisikan jauh dari titik masuk dalam ruangan seperti ventilasi, jendela dan pintu. Karbon monoksida tidak memiliki aroma, dan memiliki nama “silent killer.” Siapa pun yang merasa pusing di dekat generator harus segera pergi dan memberi tahu operator.

5. Isi ulang bahan bakar dengan benar

genset perlu mengisi bahan bakar jika beroperasi dengan waktu yang panjang. Genset tidak boleh diisi dengan bahan bakar jika sedang hidup, atau masih panas jika dimatikan. Mesin harus dingin sendiri sebelum dapat diisi ulang. Diesel atau bensin mungkin terbakar jika bersentuhan dengan genset yang masih bersuhu panas.

Demikian pembahasan tentang 5 Tips Penting Untuk Keamanan Genset. Untuk anda yang membutuhkan Genset synchronizer anda bisa menyewanya di Arthur Teknik. Arthur Teknik perupakan vendor penyewaan genset, jasa penyewaan misty fan, jasa rental ac dan kelistrikan booth terbaik di indonesia, dengan pengalan menangani event – event besar di indonesia, seperti asian paragames dan juga di dukung dengan team yang handal membuat Arthur Teknik menjadi solusi bagi anda yang ingin atau membutuhkan jasa penyewaan genset. Untuk berkonsultasi dengan Arthur Teknik anda bisa menghubungi nomor di bawah ini:

Telepon 1 : +6281316854183 (Jakarta)
Telepon 2 : +628111836468 (Jakarta)
Telepon 3 : +6281210463637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818960565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com

Artikel Sebelumnya
5 Poin Penting Saat Membeli Genset Bekas
Artikel Selanjutnya
Mengapa Harus Memilih Genset Diesel ?

0 Komentar

Tinggalkan balasan