invisible hit counter
15 49.0138 8.38624 1 0 4000 1 http://blog.arthurteknik.com 300 0
theme-sticky-logo-alt
theme-logo-alt

Jenis Panel genset dan fungsinya

0 Komentar

ArthurTeknik.comJenis Panel genset dan fungsinya | Penerapan panel ATS untuk instalasi di gedung ditujukan untuk mengantisipasi ketika PLN gagal memasok listrik (mengalami pemadaman), oleh karena itu dalam hal ini generator akan menggantikan peran PLN untuk memasok listrik, di sini peran Panel ATS adalah untuk secara otomatis pindahkan distribusi dari PLN ke Genset, sehingga Genset tersebut dapat menggantikan peran PLN untuk memasok sumber tenaga listrik di Gedung / lokasi hal semacam itu. Selanjutnya jika PLN kembali normal, fungsi ATS akan secara otomatis memindahkan distribusi listrik dari generator ke PLN. Mari kita bahas tentang AMF dan ATS dan panel sinkronisasi.

tempat sewa genset di jakarta, bali, tanggerang
tempat sewa genset di jakarta, bali, tanggerang

ATS (AUTOMATIC TRANSFER SWITCH)

ATS sendiri merupakan kependekan dari Automatic Transfer Switch, yang merupakan rangkaian listrik yang memiliki fungsi sakelar yang beroperasi secara otomatis ketika terjadi pemadaman listrik secara berkala atau mendadak, oleh karena itu secara otomatis panel akan bekerja sendiri untuk memindahkan penarikan listrik dari sumber lain. yang biasanya menggunakan mensin genset atau diesel. Sebagai sumber listrik baru. Itu juga sebaliknya ketika listrik dari PLN telah dinyalakan, sehingga generator akan mati secara otomatis dan kembali ke sumber listrik PLN yang digunakan.

AMF (AUTOMATIC MAIN FAILURE)

AMF adalah kependekan dari ekspresi Automatic Main Failure yang merupakan rangkaian listrik pada panel yang secara otomatis berfungsi untuk mematikan atau menghidupkan dan mematikan genset itu sendiri tanpa manusia alias otomatis. Prinsip standar adalah bahwa kegagalan daya dari pembangkit listrik karena itu panel AMF akan segera menyalakan genset secara otomatis aliran listrik dan sebaliknya jika listrik PLN menyala atau kembali terhubung, secara otomatis juga panel AMF akan mematikan genset.

PANEL SINKRONISASI

Panel Sinkron digunakan untuk menyinkronkan kinerja 2 atau lebih unit Genset. Panel sinkronisasi biasanya digunakan jika bebannya bervariasi cukup besar dan penerapan set generator non-stop. Jika beban bervariasi cukup besar dari waktu ke waktu, akan sia-sia untuk menerapkan 1 set generator. Sebagai gambaran, misalkan beban bervariasi dari 400 kVA hingga 1.000 kVA, akan lebih efisien untuk menerapkan 2 x 500 kVA, dibandingkan dengan menerapkan 1 x 1.000 kVA. Saat menerapkan 2 x 500 kVA yang disinkronkan, jika beratnya masih di bawah 500 kVA, hanya 1 generator yang akan menyala. Jika beratnya 750 kVA, beratnya akan dibagi rata oleh 375 kVA / unit dengan dua generator menyala.

PANEL AMS ATS

Panel AMF (Automatic Main Failure) digunakan untuk mengaktifkan generator jika catu daya utama rusak / padam. Secara manual, setelah sumber listrik utama dimatikan, Anda akan mengaktifkan genset. Kemudian, Anda akan memutuskan jalur sumber daya utama untuk ditransfer ke pasokan dari genset. Panel AMF membantu Anda mengaktifkan generator, setelah sumber listrik utama rusak, secara otomatis.

Fungsi A.M.F (Automatic Main Failure) adalah:

Secara otomatis menghidupkan (Start) Genset ketika pasokan listrik dari PLN gagal / padam.

Meskipun fungsi ATS (Automatic Transfer Switch) adalah Secara Otomatis Membuka pasokan listrik dari generator dan menutup pasokan listrik dari PLN dan sebaliknya membuka pasokan listrik dari PLN dan menutup pasokan listrik dari generator secara otomatis ketika Pasokan listrik dari PLN kembali

Panel ATS berfungsi untuk memigrasikan pasokan listrik ke genset jika daya utama terputus. Analoginya adalah sebagai berikut; Anda memiliki 2 sakelar / sakelar yang terhubung ke daya utama dan yang lainnya ke genset. Ketika sumber daya utama terputus, Anda akan mematikan sakelar sumber utama, kemudian menyalakan sakelar  sumber daya dari genset setelah dinyalakan.

Itulah jenis panel genset dan fungsinya, bagi Anda yang membutuhkan genset industri, event dan rumah, Anda bisa mempercayakannya ke Arthur Teknik. Arthur Teknik sendiri merupakan rental genset dan sudah banyak melayani penyewaan genset di indonesia khususnya jakarta dan bali. Tidak hanya menyewakan genset, Arthur Teknik juga menyediakan layanan penyewaan misty fan, rental ac portable dan jasa kelistrikan booth. Jika anda berminat atau tertarik ingin menggunakan jasa penyewaan genset, misty fan, ac portable ataupun jasa kelistrikan booth, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan menghubungi contact di bawah ini :

Telepon 1 : +6281316854183 (Jakarta)
Telepon 2 : +628111836468 (Jakarta)
Telepon 3 : +6281210463637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818960565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com

Artikel Sebelumnya
Macam – macam tipe mesin genset
Artikel Selanjutnya
Cara merawat genset

0 Komentar

Tinggalkan balasan